Apa itu Pokja?

Pokja atau kelompok kerja, merupakan  program kewirausahaan sosial Lingkar Sosial Indonesia, lengkapnya Pokja Wirausaha Difabel Lingkar Sosial. Pokja selain  beranggotakan para wirausahawan juga orang-orang yang ingin mendapatkan pekerjaan, ingin memperoleh kesempatan wirausaha serta orang yang ingin mengembangkan jaringan usaha.

Pokja mulai dijalankan tahun 2015 di Kecamatan Lawang kabupaten Malang. Bermula dari curhatan seorang penyandang disabilitas tentang sulitnya megakses kesempatan kerja yang layak.

Lingkar Sosial Indonesia dalam risetnya menemukan fakta-fakta bahwa difabel masih banyak mengalami pengangguran dan diantaranya mengemis. Terdapat pula difabel dengan kerja tak layak, lebih banyak dibandingkan  difabel yang menjadi pegawai, wirausahawan dan PNS.

Untuk difabel dengan kerja tak layak, ditemukan fakta bahwa sebagian mereka dengan latar belakang alumni pelatihan dinsos, lulusan BLK dan jebolan panti rehabilitasi. Potensi ini yang kemudian memungkinkan Lingkar Sosial Indonesia untuk membangun pokja sebagai wadah mereka untuk saling sharing job, sharing modal dan sharing jaringan.

Dimulai dari pilot project Pokja di kecamatan Lawang tahun 2015, saat ini telah berkembang mejadi 16 Pokja yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Difabel Indonesia (APDI).

WhatsApp chat