Pers Rilis Bersama: Posyandu Disabilitas Produk Perdana Program Desa Bedali Inklusif Disabilitas

Untuk pertama kalinya, khususnya di Malang Raya, hadir Posyandu Disabilitas di Desa Bedali, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Inovasi ini merupakan kolaborasi layanan masyarakat untuk kesehatan dan pemberdayaan ekonomi penyandang disabilitas.  Ditetapkan dalam Musyawarah Masyarakat Desa (MDD) yang diadakan oleh Pemerintah Desa Bedali dan Yayasan Lingkar Sosial Indonesia, Rabu 22 Nov 2019 di Balai Desa Bedali.

Posyandu ini, selain dirancang untuk memberikan layanan kesehatan gratis, juga fisioterapi, konseling, parenting, hingga antar jemput penyandang disabilitas dari rumah masing-masing ke lokasi posyandu. Menarik lagi, Posyandu Disabilitas ini juga melakukan pemberdayaan ekonomi, mulai dari pelatihan kerja, pelatihan kerja hingga dukungan pemasaran. Bahkan para kader posyandu ini juga memiliki kesempatan yang sama dalam kegiatan pemberdayaan ekonomi sehingga manfaat dari adanya posyandu ini bukan semata untuk kebutuhan penyandang disabilitas.

Dalam Posyandu Disabilitas, para kader kesehatan dan orangtua dari anak penyandang disabilitas akan memperoleh pelatihan fisioterapi, sehingga beban pekerjaan dalam posyandu menjadi tanggungjawab bersama. Hal ini selaras dengan prinsip dasar Posyandu dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat dengan didampingi petugas kesehatan.

Rencananya, soft launching Posyandu Disabilitas Desa Bedali ini, akan dilaksanakan pada awal bulan Desember mendatang. Baca informasi selengkapnya:

Download dan baca pers rilis. 

WhatsApp chat