Forum Malang Inklusi

Forum Malang Inklusi (FOMI) merupakan forum lintas organisasi yang sepakat menciptakan Malang Raya inklusif. Berdirinya organisasi ini diinisiasi oleh Lingkar Sosial Indonesia melalui gerakan sosial Menuju Malang Raya Ramah Difabel.

FOMI berdiri pada tanggal 15 September 2016, dideklarasikan oleh 10 organisasi dari lintas penyandang disabilitas, sosial dan kemanusiaan di Agrowisata Petik Madu Lawang. Kesepuluh organisasi tersebut adalah: Lingkar Sosial Indonesia (sebelumnya bernama Perkumpulan Lingkar Sosial), HWDI Malang, Gerkatin Malang, LBH Disabilitas, Shining Tuli Kota Batu, PPRBM Bakti Luhur, Komunitas Rumah Sahabat, IPC JOMBANG, Lawang Rescue dan Koperasi Satu Jiwa.

Forum Malang Inklusi bergerak di bidang Advokasi Kebijakan. Mereka banyak melakukan audiensi dengan pemerintah untuk memastikan implementasi kebijakan/ regulasi maupun mempengaruhi adanya kebijakan baru untuk penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas.

Proggres pergerakan Forum Malang Inklusi sejak berdirinya tahun 2016 hingga tahun 2019 diantaranya:

  1. Keterlibatan penyandang disabilitas dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Malang dan Kota Malang
  2. Mendorong adanya Musrenbang Tematik Disabilitas Kota Malang
  3. Kerjasama Sosialisasi Pemilu dengan KPU Kota Malang
  4. Keterlibatan Difabel dalam Relawan Demokrasi KPU Kabupaten Malang
  5. MoU Standar Layanan Kesehatan Difabel dengan RSI Kota Malang
  6. Kerjasama Sosialisasi dengan RRI Malang

 

WhatsApp chat