Pers Rilis Bersama: Pakisaji sebagai Pilot Project Desa Inklusi di Kabupaten Malang

Pemerintah Desa Pakisaji sepakat menjadikan desanya sebagai pilot project/ rintisan desa inklusi, hal ini dinyatakan dalam pers rilis bersama yang ditandatangani oleh Plh Kepala Desa Pakisaji, Ketua Lingkar Sosial Indonesia, Koordinator Forum Malang Inklusi serta pendiri Komunitas Kartika Mutiara.

Termuat dalam Notulensi Semiloka Pembangunan Inklusif Disabilitas, nomor: 001/LINKSOS/DID/08/2019, bahwa semiloka dihadiri oleh unsur-unsur dari Pemerintahan Desa Pakisaji, Tim Penggerak PKK Desa Pakisaji, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Bappeda Kabupaten Malang, Forum Malang Inklusi, Pendamping Penyandang Disabilitas Kementrian Sosial RI wilayah Malang, Dinas Sosial kabupaten Malang, Pendamping Kementrian Desa, TKSK Pakisaji, Babinsa, Puskesmas, Bidan Desa, Kader Posyandu dan organisasi- organisasi penyandang disabilitas: Lingkar Sosial Indonesia, OPD Malang, DMI Malang, HWDI Malang, Komunitas Kartika Mutiara, Paguyuban Ibu-ibu dari anak Istimewa serta masyarakat luas.

Semiloka diakhiri dengan diskusi yang menghasilkan kesepatakan:
  1. Rumusan indikator- indikator desa Inklusi, yaitu;
    A. Desa inklusi melakukan penguatan dan pemberdayaan penyandang disabilitas, melalui implementasi program desa yaitu: (a) Aspek kebijakan dan perencanaan : mengikutsertakan penyandang disabilitas dalam penyusunan kebijakan desa termasuk penyusunan RPJM Desa (b) Aksi sosial dan politik : mengikutsertakan penyandang disabilitas dalam kegiatan sosial, ekonomi dan politik. (c) Pendidikan dan penyadaran : mengikutsertakan penyandang disabilitas dalam pelatihan-pelatihan sesuai kebutuhan penyandang disabilitas.  B. Desa inklusi mendorong mewujudkan inklusi sosial di level desa yang juga telah menjadi salah satu isu Sutainable Development Goals (SDGs)/Pembangunan Berkelanjutan, yaitu: (a) Data akurat tentang jumlah disabilitas dan kebutuhannya,  (b) Adanya forum komunikasi penyandang disabilitas. (c) Partisipasi penyandang disabilitas dalam pembuatan regulasi desa. (d) Peningkatan /kemudahan aksesibilitas fisik
  2. Merencanakan Desa Pakisaji sebagai pilot project atau percontohan desa inklusi di Kabupaten Malang
  3. Dukungan Pemerintah desa terhadap program desa Inklusi di desa Pakisaji, meliputi alokasi anggaran dana desa untuk program pemberdayaan penyandang disabilitas serta acuan program pembangunan berdasarkan masukan dari forum penyandang disabilitas.
  4. Dibentuknya Forum Penyandang Disabilitas Desa Pakisaji wadah koordinasi kelompok penyandang disabilitas, Pemerintah Desa Pakisaji, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat serta stakeholder terkait dalam mewujudkan program Desa Inklusi.

Pers Rilis ini dibuat pada tanggal 19 Agustus 2019 di desa Pakisaji, Malang.

Info lebih lanjut hubungi:
  1. Plh Kepala Desa Pakisaji, Muhammad Kusni- 0822 44504678
  2. Ketua Lingkar Sosial Indonesia, Kertaning Tyas- 0857 64639993
  3. Koordinator Forum Malang inklusi, Siswinarsih- 0817 5400669
  4. Pendiri Komunitas Kartika Mutiara, Serda Tri Joko Purwanto- 0821 43237400
LJHAT PERS RILIS SELENGKAPNYA: KLIK DISINI!  
LIHAT NOTULENSI SEMILOKA: KLIK DISINI!

 

WhatsApp chat